5 Cara Generasi Muda bisa Punya Rumah

JAKARTA – Sedikitnya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk generasi muda agar bisa punya rumah sendiri. Pasalnya, harga properti yang terus meningkat membuat kalangan usia muda semakin pesimis untuk miliki rumah sendiri.

Apalagi, kedua orang tua tak mampu lagi menyokong kebutuhan finansial. Namun tak perlu merasa pesimis, masih ada beberapa cara agar generasi muda bisa mengumpulkan uang muka secara bertahap serta membayar cicilan disetiap bulannya. Kemudian, bagimana cara mengumpulkannya? Berikut 5 cara yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterapkan generasi muda.

1. Cara pertama yaitu harus bisa fokus pada prioritas. Upayakan bisa mulai menabung uang muka atau down payment (DP) dan kemudian membayar cicilan rumah atau apartemen. Selain itu, harus memaksa mengurangi cicilan kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), kredit kendaraan bermotor, dan lainnya. Langkah itu dilakukan agar tidak berat dalam membayar cicilan dikemudian hari.

2. Selanjutnya, buat tabungan otomatis. Coba cek penghasilan serta pastikan ada sisa uang yang bisa ditabung. Kemudian, membuat tabungan yang langsung didebet otomatis. Saat melakukan cara ini, praktis ada sebagian penghasilan yang otomatis dipotong dan kemudian ditransfer ke rekening tabungan. Jadi tidak tergoda untuk menggunakan keperluan konsumtif.

3. Cara ketiga yaitu menambah pendapatan. Tidak ada salahnya untuk memiliki satu dua pekerjaan sampingan saat libur akhir pekan. Apalagi kalau memiliki keahlian lain. Jika merasa nggak punya keahlian lain, coba aja jual barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti baju, sepatu, tas, dan lainnya. Hasilnya langsung ditabung.

4. Catat dan cek pengeluaran harian, merupakan cara keempat yang dapat diterapkan. Coba untuk mengecek pengeluaran harian. Seberapa sering beli kopi dari kedai kopi. Ini salah satu yang mesti menjadi prioritas sebagai catatan. Salah satu cara untuk penghematan yaitu menggunakan uang tunai dan hindari kartu kredit. Kemudian bisa menghitung beli apa saja dalam satu hari.

5. Cara terakhir untuk mewujudkan miliki hunian yaitu, kurangi biaya lain. Selanjutnya, bisa menghemat listrik di rumah sewa, rumah kontrak, atau kost dengan mengurangi jumlah lampu yang dinyalakan saat malam hari, mengurangi pemakaian benda-benda elektronik yang memakan daya listrik besar.

Ngapain juga berlangganan televisi kabel kalau kamu lebih banyak berada di kantor. Banyak biaya dan tagihan lain yang bisa dikurangi lagi, coba cek lagi aja. Lankah berikutnya yaitu bisa berkunjung di pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) yang akan berlangsung mulai 27 Juli – 4 Agustus 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Generasi muda, bisa memilih beragam jenis properti seperti rumah tinggal, apartemen, hotel, kondotel serta banyak jenis investasi lain.

Leave a Comment