Cara Cermat Beli Rumah Inden

JAKARTA – Beli rumah inden atau belum siap huni dinilai sebagian masyarakat lebih praktis. Karena langkah itu dilakukan agar calon konsumen properti bisa memilih desain bangunan rumah yang sesuai keinginan.

Maka tak heran jika calon konsumen yang lebih suka beli unit inden dibanding rumah stock ready. Langkah itu cenderung dilakukan konsumen properti karena selain bisa memilih desain secara unik alasan lain yaitu harga unit rumah inden juah lebih murah dan nilai jualnya pasti akan lebih cepat meningkat. Kemudian bagaimana antisipasi beli rumah yang belum siap huni?

Berikut cara cermat beli rumah secara inden;

Biasanya terjadi perbedaan mencolok antara design rumah dengan bentuk asli setelah di bangun, apalagi dalam brosur terpampang pernyataan:
“Gambar di atas adalah ilustrasi. Perubahan dan penyesuaian mungkin terjadi.”

Resiko durasi waktu pembangunan rumah yang lebih lama dari pembangunan rumah secara kolektif.

Bahkan lebih parafnya lagi adalah pengembangan atau developer melarikan diri tidak bertanggungjawab.

Tapi sebetulnya tidak perlu takut membeli rumah indent, apalagi sebagian besar pengembang memang.

Lebih mengedepankan penawaran pembangunan kapling yang dipasarkan dengan cara indent, hanya saja andalah sebagai pembeli harus jeli dan berhati-hati.

Untuk mengantisipasi adanya kerugian anda sebagai pembeli yang ebrniat membeli hunian rumah dengan sistem indent, maka simak tips aga anda tidak merugi saat membeli rumah belum jadi.

Lihat Kredibilitas Pengembang
Telisik lebih detil terkait dengan developer atau pengembang yang akan anda minati hunian dengan cara indent. Seperti misal, dilihat dari izin usaha membangun, izin usaha, hingga rekam jejaknya, pengalamannya.

Cek Legalitas Bangunan
Cara ini bisa dilihat dari status kepemilikan tanah yang dilihat dari sertifikat. Umumnya, status tanah dan bangunan adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Jadi, meskipun indent jangan lupa untuk memastikan status tanah yang diakui oleh bank.

Leave a Comment