Skip to content

Tips Sukses Urus Proses KPR

JAKARTA – Beli rumah melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ternyata yang paling banyak diminati masyarakat. Banyak pengembang dan bank yang menawarkan proses KPR yang mudah dan cepat. Sayangnya tidak sesuai dengan prakteknya. Banyak orang yang merasa kesal karena harus melewati proses urus administrasi KPR yang rumit dan panjang.

Proses pengajuan KPR memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak dokumen yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Ada beberapa persyaratan umum yang biasanya diajukan oleh semua bank yang ada di Indonesia. Selain ada persyaratan umum juga ada persyaratan khusus yang biasanya berbeda dari bank yang satu dengan bank yang lainnya. Lalu apa saja yang harus Anda lakukan agar urusan administrasi Anda bisa lancar?

Pertama, Anda sebaiknya memilih bantuan developer perumahan yang terpercaya. Developer atau pengembang perumahan yang terpercaya akan dengan siap membantu Anda dan akan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan. Mereka biasanya akan mengajukan KPR ini di beberapa bank sekaligus. Hal ini dilakukan agar proses urus administrasi KPR bisa dilakukan sekaligus dan menyediakan back up apabila ada bank yang tidak menyetujui KPR Anda.

Kedua, Anda harus mencermati semua persyaratan dokumen yang diperlukan. Semua urusan bisa dilakukan dengan cepat dan lancar apabila semua persyaratan telah lengkap. Perhatikan persyaratan sesuai dengan profesi Anda. Biasanya persyaratan dokumen yang diperlukan antara profesional, wiraswasta dan juga karyawan atau pegawai akan berbeda.

Ketiga, Anda harus mengatur rapi semua dokumen yang diperlukan. Hal ini akan memudahkan semua orang di bank untuk memeriksa semua dokumen Anda dan segera menghubungi Anda ketika ada dokumen yang masih kurang lengkap. Biasanya bank akan lebih senang memeriksa semua persyaratan dokumen yang rapi ketimbang dokumen yang tidak ditata dengan rapi. Ini tentu akan memberikan dampak positif pada Anda.

Keempat, ada sebaiknya juga mempunyai salinan dari semua dokumen yang Anda kumpulkan ke bank. Anda juga sebaiknya membuat salinan dalam bentuk file elektronik sehingga Anda dengan mudah bisa juga mengirimkan lewat email atau cara lainnya jika diperlukan. Anda bisa mendapatkan KPR dengan lebih mudah apabila Anda mempunyai rekening bank yang baik selama beberapa bulan terakhir. Ini akan membantu Anda agar bisa urus administrasi KPR dengan cepat dan mudah.

Leave a Comment





Scroll To Top